Minggu, 14 Mei 2017

Keuntungan dan Kerugian Aplikasi Universal Windows Platform

Universal Windows Platform yang digagas oleh Satya Nadella selaku CEO Microsoft sekarang, adalah ide yang diyakini oleh Bos Microsoft tersebut mampu mengubah masa depan dalam dunia teknologi. UWP bertujuan untuk menyatukan semua perangkat dengan OS Windows dalam hal aplikasi, dan tentunya hal ini mempunyai keuntungan dan kerugian. Apa saja? Monggo lanjut ke bawah...

Keuntungan

1. Tampilan yang mirip

Tampilan yang mirip menguntungkan developer dan pengguna, karena developer gak usah pusing mikir desain, tinggal ngatur skalanya aja, dan pengguna pun cepat beradaptasi ditambah pengalaman yang mirip waktu berpindah perangkat, dari smartphone ke pc misalnya.
sumber: Microsoft

2. Efisien

Seperti poin yang diatas, developer yang hanya perlu mengembangkan 1 aplikasi pastinya akan membutuhkan waktu yang lebih sedikit (tergantung skill tentunya) dalam membuat aplikasi yang mampu berjalan di smartphone, pc, hingga xbox.
sumber: Microsoft

3. Hemat di kantong

Satu aplikasi untuk semua bikin kita gak perlu beli aplikasi yang sama berulang - ulang karena kita cuma perlu beli satu kali, kita bisa menggunakannya di berbagai perangkat kita. (Akun Microsoftnya juga harus sama)

Kerugian

1. Sedikit banyak menyulitkan developer

Walaupun para developer dipermudah karena hanya diharuskan untuk membuat satu aplikasi, tapi satu aplikasi itu harus bisa berjalan di berbagai ukuran layar yang berbeda - beda, belum lagi spesifikasi perangkat dari platform yang berbeda pasti berbeda jauh.

2. Tidak semua orang merasakan manfaatnya

Untuk merasakan kemudahan aplikasi UWP, pengguna juga harus mempunyai minimal dua perangkat dari dua platform yang berbeda, seperti Windows Phone dan PC/Laptop misalnya.
Tapi masalahnya nggak semua orang yang punya Windows Phone mampu beli Laptop, dan nggak semua yang punya PC/Laptop mau pakai Windows Phone 
sumber: howtogeek.com
Cukup segitu deh rasanya keuntungan dan kerugian aplikasi UWP, kalau ada yang mau nambahin, jangan malu buat nulis di kolom komentar ya!

0 komentar:

Posting Komentar

Featured Post

Kenapa Saya Memilih Windows Phone

Sejak pertama kali dengar adanya hape yang pake OS windows, saya langsung tertarik.  Apalagi setelah melihat yang namanya lumia 520. saya ...