Rabu, 03 Mei 2017

Artikel Terjemahan : Masih OK kok Pakai Windows Phone di 2017

(Artikel ini terjemahan dari situs mspoweruser.com yang berjudul It's OK to still enjoy using Windows Phones in 2017 oleh Michael Allison. twitter: @al_ikw)


Tablet pribadi Saya yang pertama namanya BlackBerry Playbook - yup - salah satu tablet dengan takdir tragis jaman dulu. Dulu Saya gak begitu ngikutin perkembangan teknologi, Tablet itu dulu Saya pakai buat browsing, baca buku, dengerin musik, dan riset buat artikel yang berupa daftar. BlackBerry akhirnya mutusin buat nggak ngupdate si Playbook ini ke BlackBerry 10 - yang akhirnya gagal juga di pasaran. Walaupun Saya masih kecewa, Playbook Saya ini masih berfungsi sebaik waktu masih baru. Saya masih main game ringan dan soal musik dan baca - baca, nggak berubah dari dulu.
Windows Phones itu - menurut opini Saya - bernasib sama. Perkembangannya "mati" saat ini,
sementara Microsoft mengeluarkan beberapa update build baru dan perbaikan bug sambil lalu pada perangkat Windows 10 Mobile dari sekarang dan seterusnya seperti Creators Update dan dalam taraf tertentu - Anniversary Update yang lebih dulu keluar - update baru tersebut nggak terlalu banyak berubah selain dari tampilan* dari OS ini. Tapi Kamu tau sendiri kan? Nggak masalah sama sekali. Keuntungannya adalah, kalau Kamu masih setia pakai Windows Phone sekarang, berarti Kamu adalah penikmat live tiles, aplikasi UWP, dan mungkin kamu suka tampilan dan pemikiran dari Microsoft. Itu pun nggak ada salahnya.


Banyak dari Windows phone yang bisa disukai. Secara pribadi yang Saya suka dari Windows Phone adalah notification centernya yang salah satu terbaik (dari berbagai OS smartphone) saat ini. Nggak terlalu ramai atau minimalis, pas. Pada home screennya, live tile begitu menawan dan telah menarik banyak pengguna yang tertarik hanya karena ini, mereka nggak percaya kalau ada kepraktisan yang sama dari OS lain (karena live tile itu gabungan icon dan widget). Garis desai dari interface MDL2 dan Metro juga alasan menarik yang sering disebutkan. Bahkan Continuum yang mendapat banyak kritikan - (dari Saya juga) - tidak diragukan lagi kalau itu adalah fitur keren dan merupakan terapan dari ide "minimalisme gadget".
Tentu, Saya memakai iPhone sehari - hari, tapi device favorit Saya, Lumia 735 yang masih Saya buru bahkan sudah mencapai end of live masih berfungsi seperti yang Saya inginkan. Masih bisa nelpon dan SMS, juga Instant Messaging pakai Whatsapp kalau Saya mau, dan semua yang Saya suka masih bisa dinikmati, tanpa kompromi.


Intinya sih, apapun yang Kamu suka dari Windows Phone, nggak akan hilang walau kapanpun (selama masih punya smartphone nya dan berfungsi dengan baik, seperti symbian). Jika kamu masih pakai Windows Phone, dan sudah baca sampai sejauh ini, berarti kamu masih enjoy dengan OS ini, walau itu artinya kamu mengorbankan akses ke ribuan aplikasi dan layanan yang ditawarkan OS lain. Tidak ada tanda - tanda Microsoft berinvestasi ke Windows Phone seperti tahun lalu, tapi bukan berarti mereka berhenti mengeluarkan update dalam jangka pendek. Aplikasi bawaan Windows 10 Mobile masih dapat update sejalan dengan versi desktop, dan Microsoft menyediakan build baru untuk menmperbaiki bug dan meningkatkan performa OS bagi pengguna setia. Bahkan jika Microsoft berhenti mensupport Windows Phone sama sekali, itu pasti datang saat Lumia 950 atau 930 atau Windows Phone apapun sudah harus diganti (karena sudah tua). Kamu gak akan merasa rugi, dan kemungkinan besar saat itu kamu sudah move on ke Android, iOS, Sailfish, atau terserah Microsoft dalam hal smartphone di masa depan.
Pendek kata, seluruh artikel ini berpesan bahwa, tidak peduli bagaimana Windows Phone nantinya, selama para penggunanya suka dengan pengalaman yang diberikan. Itu yang paling penting pada akhirnya.

*Saya nggak tau maksud dari deck chairs
kalimat yang di dalam kurung ada sebagai penjelasan yang Saya tambah dan tidak ada dalam artikel aslinya

Inilah artikel terjemahan pertama Saya, kalau ada artikel dari windows central, mspoweruser, atau dari situs lainnya tentang Windows Phone, bisa e-mail Saya di danielhand997@gmail.com atau komen dibawah ini. Jangan lupa buat para mastah jangan malu buat ngebully Saya kalau ada yang salah. Hehehe

0 komentar:

Posting Komentar

Featured Post

Kenapa Saya Memilih Windows Phone

Sejak pertama kali dengar adanya hape yang pake OS windows, saya langsung tertarik.  Apalagi setelah melihat yang namanya lumia 520. saya ...