Featured Post

Kenapa Saya Memilih Windows Phone

Image
Sejak pertama kali dengar adanya hape yang pake OS windows, saya langsung tertarik.  Apalagi setelah melihat yang namanya lumia 520. saya yang waktu itu masih kelas 2 SMK langusng bertekat beli tuh hape. (Sekarang udah kerja malah dapet Lumia 535)
Smartphone murah meriah berkualitas ini dengan sukses membuat saya dan mungkin sebagian besar dari kita, ingin mengenal lebih tentang windows phone. Inilah beberapa alasan kenapa saya pilih windows phone.

Analisa: Penyebab Kegagalan Windows Phone

Apa sih, yang kurang dari Windows Phone?

Gak ada.
Bahkan mungkin bisa melakukan lebih dari OS yang lain.
Sumber: Youtube
Tapi justru disitulah masalahnya. Dan di postingan kali ini saya akan mencoba menganalisa (halah) penyebab dari gagalnya OS kita yang tercinta ini.

1. Kegagalan Microsoft dan Nokia dalam meyakinkan konsumen

Microsoft dan Nokia gagal dalam meyakinkan konsumen bahwa Windows Phone lebih baik dari kompetitor yang mana hal ini diperkuat dengan marketing yang terkesan setengah - setengah berbanding terbalik dengan produsen smartphone android yang sangat agresif melakukan promosi.
(Terutama oppo yang iklan tv-nya gak pernah absen. Ditambah bintang iklannya yang artis terkenal)
Kapan sih kita pernah lihat iklannya Lumia?

2. Tampilan yang terlalu berbeda

Saya agak ragu dengan yang satu ini. Karena saya suka. Tetapi menurut pengalaman pribadi saya, orang yang pinjam hp saya selalu bingung dengan karena tampilannya.
Apalagi di jaman Windows Phone 7 sampai Windows 8.1, kita gak bisa bebas mengotak-atik tampilan start screen kita. Terbatas cuman bisa ganti warna, merubah tata letak, menyesuaikan ukuran tile, nambahin background start screen. Udah. Sekilas terkesan membosankan.
Sumber: Jamshidhashimi.com

3. App Gap

Kegagalan Microsoft dalam penjualan Windows Phone, juga berdampak pada kurangnya minat developer dalam berinvestasi ke Ekosistem Windows Phone. Memperparah buruknya penjualan. Sebenarnya banyak aplikasi pihak ke 3, tetapi banyak yang konsumen yang takut akan keamanan dan banyaknya iklan. Seperti yang sering terjadi pada Android (padahal WP itu aman banget).
Aplikasi 6tag, instagram versi pihak ke 3
Sumber: mywindowsphone.com

4. Spek yang terkesan rendah

Ram yang cuma 512 mb dengan prosesor 1ghz dual core, dijual dengan harga yang mepet dengan smartphone android dengan ram 1 giga. Sukses membuatt calon pembeli bertanya - tanya. Padahal mereka dapat kualitas layar, kamera dan baterai yang diatas rata- rata dengan harga segitu.
Sumber: Wikimedia Commons
Bagi Windows Phone, RAM 512 mb itu lebih dari cukup.

Mungkin ada yang punya pendapat lain?

Comments

  1. Pada momen lumia 535 banyak yg penasaran, cuma karena masalah tc (tentu dari pihak pabrikan) dan bbm yang tidak selancar android (dari pihak developer) membuat calon pengguna kembali ke Android

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Kenapa Saya Memilih Windows Phone